Sudden Death

Posted: March 17, 2009 by vet02ugm in Article
Tags: , ,

Drh. Aldi Salman

Sudden Death adalah istilah yang menggambarkan kematian yang mendadak atau tiba-tiba. Istilah ini banyak digunakan di dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam dunia perunggasan. Sudden death melukiskan kematian ayam pada populasi dalam jumlah banyak, tanpa gejala yang spesifik.

Kematian ayam pada umur 1-2 minggu dengan tingkat mortalitas mencapai 10% tanpa diikuti gejala yang spesifik, sering kali terjadi “hanya” karena kesalahan manajemen pada kandang postal. Perkembangan besar dan berat badan anak ayam broiler atau pedaging yang relatif cepat apabila tidak ditanggapi dengan adanya pelebaran kandang dapat berakibat fatal, seperti munculnya keadaan sudden death. Hal yang sama juga terjadi pada anak ayam layer atau petelur, yang apabila kepadatan kandang tidak diatur sedemikian rupa juga dapat berakibat buruk.

dsc00032

Selain tingkat kepadatan kandang, hal yang perlu dicermati di kandang adalah suhu di permukaan litter. Pada ayam umur 2 minggu, diperlukan suhu kandang yang berkisar antara 39-410C.

gambar 1

Kematian yang meningkat pada malam hingga pagi hari biasanya disebabkan karena suhu kandang yang terlalu dingin sehingga ada kecenderungan anak ayam akan bergerombol. Juga karena minimnya cahaya sehingga ayam bergerombol ke arah datangnya cahaya terang. Sedangkan apabila kematian banyak terjadi pada siang hingga sore hari, kecenderungan bergerombol karena suhu pemanas yang terlalu tinggi, sehingga ayam akan bergerak menjauhi pemanas dan merapat ke brooder atau tepian kandang. Hal ini mungkin juga terjadi karena minimnya ventilasi kandang. Kematian lebih disebabkan karena ada sebagian anak ayam yang tertindih sehingga kesulitan dalam bergerak dan bernafas.

dsc00042

Apabila dilakukan nekropsi pada anak ayam, akan ditemukan pecahnya pembuluh darah koronaria di sekitar jantung karena tekanan pembuluh darah menjadi hipotonik sehingga memicu terjadinya hemolisis. Pengaturan suhu yang baik saat pemeliharaan dapat mencegah terjadinya heat stress pada ayam umur muda.

dsc00676dsc00677

Comments
  1. agus says:

    pak sya mau tanya makanan alternatif untuk ayam pedaging itu apa selain konsentrat dll. slnya untuk menambah beban dan bobot kapada ayam itu sendiri sering berkurang paada saat di timbang .dan saat ini umur ayam, saya baru 2 minggu .terimakasih banyak

    • amad says:

      tolong solusi cara mengurangi kematian mendadak pada umur 1-2 minggu

      • vet02ugm says:

        yang utama adalah menemukan dahulu penyebab kematian mendadak tersebut, baru dilakukan tindakan.
        seperti pada artikel, apabila penyebabnya adalah stres suhu/temperatur, maka manajmen kandang yang harus diperbaiki.
        tetapi bila penyebabnya adalah penyakit, maka tindakan kuratif yang dilakukan.

    • vet02ugm says:

      pakan alternatif diharapkan berupa bahan yang mengandung protein tinggi, seperti tepung ikan atau bahan baku seperti MBM & blood meal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s