diaphragmatic hernia

Posted: June 14, 2009 by vet02ugm in Uncategorized

drh Zita Okarina

@ZitaPetClinic, Jl. Raya Muchtar no 8, Sawangan – Depok

082134827999

 

Kucing jantan berumur 2 tahun. Gejala klinis:
– dyspnoe
– stomach is distended

Terapi :

  • inhalasi oxygen
  • inj Frecardyl ( bersifat analeptik, bahan aktif : diprophylline sebagai bronchodilatator, dan Heptaminol sebagai myocardial stimulant dan vasodilator)
  • inj Atropin
  • X-ray
  • surgery (gastrotomy)

Gambar 1

Results:

  1. gambaran x-ray yang tampak pada gambar 1 memperlihatkan kejadian diaphragmatic hernia, terlihat dari posisi lambung yang mendesak garis diafragma hingga menekan paru-paru, sehingga menyebabkan gejala sesak nafas.
  2. Surgery, menarik lambung kembali ke rongga abdomen dan menjahit diafragma yang collapse. Gambar 2 memperlihatkan posisi lambung pada tempatnya, TETAPI terdapat tekanan udara negatif pada pulmo, yang tampak pada gambaran gelap di sekitar pulmo. Karena itu, 5 menit setelah surgery, kucing tidak dapat diselamatkan.

Gambar 2(zita)

Comments
  1. vina says:

    artikelnya baguuus…sayang banget ya dgn operasi pun kucing ga bisa diselamatkan..
    saya juga sedang mengalaminya pada kucing kecil saya,yg mungkin umur hidup nya ga akan lama lagi😥
    tapi dgn baca artikel ini saya tau bagaimana penyakit tersebut😦

  2. vina says:

    Sekitar 3 minggu lalu kucing saya ilang selama +/- 1hari. Begitu ditemuin adek saya,perut belakang kempes nafas ngos2an. Besoknya saya bawa ke dokter hewan deket rumah,dan kata dokter tsb dia kena hernia diafragma. Kucing terlama yg prnh hidup setelah dirawat,bertahan 10hr (terus meninggal). Alhamdulillah skr dia masih hidup (uda +/- 3minggu yg lalu),,tp terus terang saya uda pasrah.. Dan skr dia hanya bs makan-tidur saja (makanpun saya batasi)😦

Leave a Reply

