Demam Berdarah pada Anjing

Posted: January 28, 2011 by vet02ugm in Article
Tags: , , , ,

drh Amanda Rasul

Smile Pets, Jl. Aria Putra No. 23A, Ciputat, Tangerang Selatan

Tlp: 021 44380007 /House Call: 0856 911 39 007

Jangan pernah remehkan caplak (tick) pada anjing anda. Tahukah anda kalau anjing pun bisa terkena demam berdarah seperti halnya manusia. Tapi berbeda dengan manusia, perantara terjadinya demam berdarah pada anjing ialah caplak. Selain itu demam berdarah ini juga bukan disebabkan oleh virus melainkan rickettsia yang menyebabkan gejala yang menyerupai gejala demam berdarah pada manusia. Demam berdarah pada anjing lebih dikenal dengan istilah tick fever, erlichiosos ataupun tropical canine pancytopenia. Caplak yang mengisap darah anjing akan memasukan telur erlichia ke dalam darah dan berkembang. Penulis lebih suka menjelaskan tick fever sebagai demam berdarah pada anjing, dikarenakan kemiripan gejala klinis dengan demam berdarah pada manusia.

Seperti halnya pada manusia yang terkena demam berdarah, anjing yang terkena tick fever akan terasa demam serta adanya bintik-bintik merah pada daerah kulit yang tipis, seperti bagian dalam telinga ataupun bagian bawah perut. Bintik-bintik merah tersebut diakibatkan rendahnya kadar trombosit dalam darah (thrombocytopenia). Nafsu makan anjing akan menurun dan terlihat pucat. Kondisi yang lebih parah akan terlihat adanya leleran hidung, muntah, adanya limfadenopati dan splenomegali (pembengkakan limfa). Jika kondisi trombosit serta sel darah merah anjing sudah sangat rendah, maka transfusi darah sangat diperlukan. Kondisi yang parah dapat menyebabkan kematian.

Kasus tick fever ini sendiri sering sekali penulis temui dan tak jarang harus dilakukan transfusi darah. Dengan menggunakan immunocomb antibody test kit, dapat dketahui apakah anjing tersebut terkena atau tidaknya tick fever. Selain itu, dengan pengecatan giemsa, dapat ditemukan kumpulan dari erlichia canis di sitoplasma dari monosit maupun netrofil, meskipun cukup sulit untuk menemukanya.

Pencegahan merupakan aspek yang paling utama. Mencegah adanya caplak bukan hanya dengan membersihkan anjing anda, tetapi lingkungan pun harus sangat diperhatikan. Walaupun anjing anda sudah bersih dari caplak, namun bila lingkungan sekitar seperti kandang, dinding rumah, karpet dan sebagainya masih terdapat caplak maupun telurnya, maka anjing anda akan dengan mudah didatangi kembali oleh caplak.

Biasakanlah memandikan anjing anda seminggu sekali dan jika perlu dengan menggunakan shampo yang mengandung obat untuk membunuh caplak. Penggunaan obat spray, tick collar (kalung leher yang mengandung obat untuk menghilangkankan kutu dan caplak), maupun obat tetes juga sangat baik digunakan.


Comments
  1. ngusngus says:

    PERTAMAX!!! hihihi…
    bang,dah pnah nglakuin transfusi darah ya?di indo dah pnah nglakuin blm?
    gmn hasilnya untuk kasus ini?apakah signifikan membantu?

    • amanda rasul says:

      hasilnya sangat membantu dan signifikan. yang terpenting adalah darah donor dan recipient cocok atau tidah terjadi aglutinasi,serta dihitung juga keperluan recipient nya.di indonsia belum.

  2. Kholiq says:

    maaf pak dokter..mau tanya tapi mungkin g berkaitan dengan topik…
    anjing ane shih tzu..
    ada 2 ekor..yg 1 usia 2,5 bulan yang satu lagi usia 6bln..
    nah mereka ini lagi kena sakit kulit, gatel2 gt..
    kmrn sih uda cek ke vet, kata nya kena jamur..
    yg kecil ini yang parah, banyak banget..makanya dia digundulin dulu spy recovery nya gampang..
    ane bingung sih ini jamur apa bukan..
    bentuk nya kaya bintik-bintik kecil and ada koreng nya gt..menyebar di daerah pantat, leher, dan yg paling parah di belakang kaki depan nya..
    itu dia garuk pke kaki belakang sampe berdarah gt..
    kayanya gatellllll bgt..
    sama dokter nya sih dikasi salep..

    sejauh ini ane uda ada beberapa opsi sih..
    – mandi pke amitraz, tp krn amitraz kan obat keras, jd ane ga berani mandiin sendiri tkt salah nanti malah dogie nya knp2 lg..so, mandi amitraz itu bagaimana ya?
    – derma solution
    – mandiin pke sampoo selsun, rencana sih nanti malem ane mau bli selsun..yg warna kuning / biru sih?
    – ada jg yg nyaranin disuntik gt di vet, ga tau suntik apa, entah antibiotik apa suntik jamur maksud nya, cuma puppy na baru 2,5 bln boleh kah di vaksin jamur?

    langkah ane sejauh ini, ane baru bawa ke vet dapet obat salep, td pagi dimandiin pke sabun jf sulfur, trus kasi salep yg dari drh..trus dipisah sama anjing yg gedean, soalnya takut nular..kalo yg gedean sih ga parah, cuma ada dibelakang kaki belakang nya doank..makanya sementara dipisah deh, kasian yg kecil gong2 mulu sendirian gt

    • amanda rasul says:

      untuk mendapatkan diagnosa penyakit kulit lebih baik dilakukan pemeriksaan kerokan kulit (skin scraping) dan test2 lainya.

      untuk shampoo ataupun obat2 lain yang digunakan, lebih baik ditanyakan lebih lanjut ke dokter hewan langganan anda yang sudah melihat secara langsung kondisi anjingnya. jangan lupa untuk terus dimonitor kondisi anjingnya dan setelah pengobatan pun perlu kembali ke dokter hewan langganan anda untuk di tindak lanjuti.

      tks.

    • Zit says:

      Hai Kholiq,

      sebaiknya cantumkan gambar anda. kunjungi facebook page kita di http://www.facebook.com/group.php?gid=87066071540

      Cheers,
      Zita

  3. dyah says:

    maap pak dan bu dokter…ada yg pernah menemukan E canis pada preparat apus darah??saya agak mumet mencarinya🙂

  4. Anna Jane says:

    Halo doktor..
    Saya mempunyai seekor anjing yang usianya lebih kurang 6-10 bulan dahulunya sihat aja… Tapi, sekarang tue kondisinya lagi kritis kerana demamnya parah banget yang mencecah 40’cs dan darahnya sering keluar dari hidungnya. Ia ngak mau makan tapi bila uda disuntik antibiotik dan vitamin, kondisinya bertambah baik…Ya syukurlah, ia sudah bisa makan tapi hanya sedikit… Tapi, hairan banget kalau darah hidungnya semakin mengalir dan takut kalau ia bisa kehilangan banyak darah. Ngomong2 bisa ngak ia disembuhkan jika disuntik antibiodik dalam jangka 3 hari berturut-turut? Keadaan tubuhnya khususnya mukanya juga sudah dipenuhi luka merah dan matanya membengkak tapi uda kurang. Kemungkinan ngak ia diracun atay ngak..? dokter, tolong ya… Harap ia bisa sembuh seperti dulu lagi. TQ

  5. wijuni salim says:

    pagii dok, pada tgl 01 maret 2015 anjing saya melahirkan (utk yg ke 5 x nya) tp setelah mengeluarkan anak pertama, induknya langsung mati begitu juga anak yg baru keluar tsb.yg jadi pertanyaan ku, kenapa ya induknya kok bisa mati dan sisa anak dalam perutnya apakah masih hidup?mohon pencerahannya dok.

    • vet02ugm says:

      Wijuni
      Biasanya klo induk mati, anakan di dalam juga mati. Apalagi sudah selang 24 jam.
      Saya tidak tau matinya kenapa since I didn’t see your case. But there’s a lot of things could happen to sudden death

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s