Bahaya Coklat pada Hewan Kesayangan

Posted: December 7, 2011 by vet02ugm in Article
Tags: , , ,

drh. Amanda Rasul

SMILE PETS, Jl. Aria Putra No 23 A

CIPUTAT Tangerang Selatan 021 44380007

Kebanyakan anjing menyukai rasa manis, termasuk rasa manis dari coklat. Sedangkan kucing kurang menyukai rasa manis makanan. Coklat mengandung menthylxanthine yang disebut theobromine. Theobromine ini sangat toxic ketika dikonsumsi anjing dalam jumlah tertentu. 3 komponen methylxanthine sering ditemukan pada makanan manusia, yaitu kafein, theophyline, dan theobromine.

Kafein sering ditemukan dalam kopi, teh dan minuman soda. Theophyline terutama ditemukan pada teh. Theobromine yang mengandung paling banyak methylxanthine didapat pada buah kakoa dan produk coklelat. Aksi utama dari komponen xanthine di tubuh ialah pada bagian system syaraf pusat, cardiovascular, ginjal, otot polos, dan muskoloskeletal. Theombromine memiliki aksi khusus melemaskan otot polos, mendilatasi arteri koronari, diuretika dan stimulasi jantung. Meskipun bukan merupakan masalah klinis yg sering ditemukan, keracunan theombromine pada anjing dapat mengancam nyawanya jika itu terjadi. Penelitian toksisitas telah menunjukan bahwa perbandingan dengan bebarapa species lain, anjing biasanya tidak sensitive dengan efek fisiologis dari theombirine. Pengaruh theombirine terjadi pada hasil yang lebih rendah dari metabolisme theombirine. Pengaruh nampak pada half life yang lebih panjang di peredaran darah dan jaringan. Setelah pemberian dosis tunggal, half life dari theobromine di plasma pada anjing dewasa masih ada dalam waktu 17.5 jam. Sebagai perbandingan, waktu paruh theombromine pada manusia hanya 3 jam. Penelitian ini telah dijadikan teori bahwa lamanya waktu paruh di anjing dapat menjadi potensi terjadinya reaksi keracunan theombromine akut setelah anjing mengkonsumsi makanan yang mengandung coklat. Gejala keracunan theobromine pada anjing biasanya muntah, diare, nafas terengah-engah, keletihan, meningkatnya urinasi ataupun urinasi yang tidak terkontrol dan kejang otot. Kejadian ini biasanya terjadi sekitar 4 sampai 5 jam setelah anjing mengkonsumsi makanan mengandung coklat. Awal terjadinya kejang pada keseluruhan anggota gerak, memiliki prognosis yang buruk pada kebanyakan kasus dan sering mengakibatkan kematian. Keracunan theombromine, dapat di tangani dengan memberikan obat perangsang muntah sesegera muingkin setelah anjing mengkonsumsi coklat. Activated charcoal (arang) yang dihancurkan dan campur air dapat diberikan untuk mengurangi penyerapan racun ke peredaran darah. Sayangnya tidak ada antidota yang spesifik untuk keracunan theombromine.

(dikutip dari Canine and Feline Nutrition, Mosby)

Comments
  1. Ny.eko says:

    untung baja artikel ini ,, thx a lot dok…saya suka ngeyel saat pasangan tidak memperbolehkan saya berbagi coklat dengan anjing kami..habis matanya yang berbinar saat meminta buat saya tidak tega TT kali ini harus lebih tegas nih..thx dok ^^

  2. Denni Kurnia says:

    Dear Ny. Eko,

    Terima Kasih kalau artikel dalam blog kami telah bermanfaat untuk anda. Semoga kami dapat memberikan yang terbaik.

    Terima Kasih,
    @dennikurnia

  3. riikyu says:

    bsa tolongin gak ? Anjing ku beberapa hari yg lalu dia makan es krim coklat trus skarang dia jdi sakit.. gejalanya lumpuh sama kejang-kejang, tp dia msih mw makan sma minum .. ada obatx gak ?

    • vet02ugm says:

      Hi riikyu,

      Kalau sudah terjadi beberapa hari yang lalu dan terlihat gejalanya baru sekarang, mungkin anda dapat memberikan arang aktif (activated charcoal) namun pemberian obat tsb tidak serta merta menyembuhkan karena untuk kasus keracunan tergantung pada bahan aktif dan jumlah bahan aktif yang dimakan. Untuk pemeriksaan lebih lanjut dan menyeluruh disarankan anda membawa anjing anda ke klinik hewan terdekat untuk diberikan pertolongan.

      Terima Kasih.

      @vet02ugm

  4. jessica says:

    Hi all.. sy mo nny bbrpa pertnyan.. reaksi anjing yg keracunan krna coklat itu brpa lama stlh dia memkn coklat tsb? Apa perbedaan kematian krna coklat dgn terkena virus parvo?

    • vet02ugm says:

      Jessica,
      Virus parvo menyerang anjing muda, yang tidak pernah divaksin, biasanya gejalanya diare berdarah dan muntah2.
      Sedangkan kematian karena coklat biasa karena anjing memakan dark chocolate dan diawali dengan muntah dan diare TANPA darah

      • jessica says:

        Anjing tmn saya ada mkn coklat sdkt, & tmn sy tdk menyadari klo coklat itu beracun. Stlh memakan coklat tdk ada reaksi apa2 slma 4hr. Kemudian 4hr tsb anjing itu skt, muntah2 n diare darah. Diinfus 2x k dokter, dokter blg anjing tsb kena virus parvo.namun keesokannya dead. Itu penyebabnya apa ya? Krna coklat / virus parvo??

      • vet02ugm says:

        Jessica,
        Klo food poisoning biasanya reaksinya cepat, within 24 hr. Karena makanan masuk lambung saja bisa 3 jam, pasti sudah ada reaksinya tidak menunggu 4 hari

      • jessica says:

        Oh gt ya.. brrti pnybb kematian krna terserang virus parvo.. tp knpa kebetulan sekali ya.. pas disaat itu mkn coklat.. selang bbrpa ari lgsg skt rupanya krna virus parvo. Kok kmrn2 ga bs kena virus.. knpa baru2 ini saja. Apakah mmg coklat yg menjadi pybb nya?

      • vet02ugm says:

        Jessica
        Klo mau pasti seharusnya bisa tes darah. Umur berapa anjingnya? Coklatnya jenis apa? Milk atau dark?

      • jessica says:

        Anjingnya msh kcl.. krg tau jg jenisnya.. yg telinganya panjang turun gt.. coklat susu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s