Gangguan Pencernaan pada Hewan Kesayangan

Posted: November 8, 2013 by vet02ugm in Article, Our Paper
Tags: , , , ,

Drh. Zita Okarina

Gangguan pencernaan berupa muntah dan diare sering terjadi baik pada hewan muda maupun dewasa.

Gejala Klinis dapat berupa:
– Penurunan berat badan meskipun jumlah yang dimakan tidak berkurang
– Flatulensi, bunyi lambung, diare, muntah
– Bau mulut
– Penurunan nafsu makan, anoreksia

Diare
Hewan kesayangan anda menderita diare ketika proses pencernaan normalnya terganggu. Air dan nutrisi-nutrisi penting tidak dapat terserap dengan efisien oleh tubuh dari saluran pencernaan, menghasilkan diare. Hewan dengan kondisi diare parah beresiko mengalami dehidrasi karena banyaknya air yang keluar dari tubuhnya. Bahkan jika ada muntah, memperparah kehilangan cairan.
Penyebab diare bisa disebabkan oleh perubahan pakan hewan (beda merk dan produk), adanya infeksi bakteri atau virus, intoleransi makanan dan susu (laktosa), reaksi alergi, infestasi parasit internal seperti cacing, coccidian dan giardia, penyakit ginjal dan liver, kanker atau tumor di saluran pencernaan, dll.
Kucing
Muntah
Penyebab muntah yang paling sering terjadi pada hewan kesayangan anda yaitu menelan bulu atau benda asing seperti rumput yang dapat mengiritasi lambung. Terlalu banyak makan atau makan terlalu cepat juga dapat menyebabkan muntah namun bukan sesuatu yang serius. Tetapi bila muntah berkali-kali dan tidak berhubungan dengan kebiasaan makan, bisa disebabkan oleh penyakit infeksius dari bakteri dan virus, atau bisa karena ginjal, liver atau kelainan sistem syaraf. Pada hewan muda, muntah yang tiba-tiba diikuti dengan demam bisa dicurigai disebabkan oleh virus.
Hoeeek...

Jika hewan anda menunjukkan satu atau lebih dari gejala-gejala di atas:

  • Konsultasikan ke dokter hewan anda
  • Oleh karena gangguan pencernaan mengakibatkan tubuh hewan kesayangan anda kehilangan nutrisi-nutrisi penting, mereka membutuhkan penanganan yang cepat.
  • Perbaiki kehilangan nutrisi dengan makanan spesial yang disesuaikan untuk pemulihan dan mempertahankan kesehatan sistem pencernaannya
  • Comments
    1. vicka says:

      hi. jadi kucing aku tiba-tiba semalem lemes banget dan dari bagian anusnya keluar cairan yang bercampur darah. nggak mau makan tapi minumnya banyak banget. oiya, dia juga jadi kayak suka ngompol gitu padahal dideketnya ada pasir.
      tadi udah dibawa ke dokter tapi katanya bukan virus & bukan gejala kencing batu karena kandung kemihnya kosong.
      kira-kira kenapa yaa kucingnya? oiya, kucingnya betina.
      mohon pencerahannya kakak-kakak ^^

      • vet02ugm says:

        Hi Vicka.
        Apakah kucingnya sudah full diberikan vaccine dan obat cacing? Karena biarpun bukan virus masih ada penyebab lainnya yaitu protozoa atau bakteri.
        Apakah dengan dokter sebelumnya sudah diberikan obat? Bagaimana progressnya?

    2. vita says:

      dok, mau tanya, kucing sya betina umur 4 bulan. sejak 1 bulan yang lalu dia sering pup berdarah. saya sering melihat tetesan darah di sekitar duburnya. ketika saya bwa ke drh, drh bilang kalo itu mungkin akibat dri cengkraman cacing yang ada di ususnya. waktu itu kucing saya habis diberi obt cacing oleh drh yg sama.kemudian kucing saya di kasih obat racikan, diminum pagi dan sore, lalu menyuruh saya mengganti pakannya dengan royal canin disgetif. sekarang obat dan RC digestiv sudah hbis, kemudian pakannya saya ganti RC biasa. tapi kucing saya tetap berdarah ketika pup. nafsu makannya bagus dan dia juga masih lincah. ada apa dng kucing saya? mhn jawabanx. terimakasih banyak. hormat saya , vita

    3. atik says:

      dok kucing yg tidak pup & pipis selama 4 hari msh wajar tdk? kmrn kuc sy abs skt muntah2.lemes. tdk mau mkn sy sdh bw ke drh. skrg sdh agak sehat & mau mkn lg tp sy perhatikan tdk pipis & pup selama 4 hr. umur kuc sy 3 thn. mohon solusinya dok
      terima kasih

      • vet02ugm says:

        Atik,
        Tidak mungkin tidak buang air kecil selama 3 hari, klo lebih dari 3 hari tidak buang air kecil bisa mati lemas karena racun tidak terbuang

    4. indah says:

      dokter,,saya mau tanya ni..kemarin saya periksain kucing saya ke drh karena kucing saya diary terus selama 2bulan.setelah dibawa kedokter kucing saya disuntik.setelah disuntik kok malah kaki kanannya pincang lemes gak bisa digerakin sampe 2hari.kenapa ya dok??

      • vet02ugm says:

        Indah
        Mungkin kram bekas suntikan. Yang penting sudah tidak diare ya. Nanti sekitar seminggu biasanya mereda

    5. mich says:

      dok tolong dong anjing saya sudah 3 hari susah pup seperti orang ngeden gk keluar” .. trus muntah” gimana cara menangganin nya dok?

      • vet02ugm says:

        Mich,
        Coba berikan Dulcolax yang dimasukkan lewat pantat. Bentuknya seperti peluru. Jangan Dulcolax yang syrup ya, karena takut dimuntahkan. Klo tidak berhasil silakan bawa ke dokter ya

    6. Maria Banurea says:

      selamat malam dok, anjing saya betina berumur sekitar 3 tahun. dari awal membeli badannya kurus, nafsu makannya pun naik turun (kdg makan banyak, kdg seharian tidak mau makan) tapi dia sangat lincah dan belum pernah sakit. 3 hari lalu, anjing kami disuntik obat cacing oleh dokter hewan dekat rumah. tapi setelah itu anjing kami malah muntah2, dan berkurang nafsu makannya. itu kenapa ya dok? kira2 apa yg bisa kami lakukan dok? Terimakasih sebelumnya

      • vet02ugm says:

        Maria Banurea
        Coba panggil kembali dokternya. Tanyakan obat yang diberikan apa. Sementara ini coba berikan air kelapa, kuning telur dan madu

    7. Lea says:

      Dok,
      Anjing saya labrador mix didiagnosa infeksi amoeba oleh drh & sdh diberi obat
      Masalahnya dia skrg gak nafsu makan
      Dia juga batuk pilek
      Nafasnya pendek2
      Sy jadi kuatir
      Gmn ya dok?
      Oh iya anjing saya tdk diare cuma suka muntahin makanannya
      Tp sejak dikasih obat sdh ga muntah lagi
      Baru 3 x dikasih obat

    8. onny maya says:

      Dear dokter,
      Sy punya meong sekitar 2bulanan kurang,sy ambil dr pasar krn nyasar ke toko,setelah 1 hari gak ada ibu yg cari jd sy bw pulang,satu jantan dan satu betina,,
      keliahatannya seumuran wl sy gak tau sedarah atau gmn krn dtg ke toko nya satu satu,,,

      Dr awal pup si betina hitam dan keras,juga hrs dibantu di usap,tp setlah tgl dirmh 2hari sy beri makan ikan kukus atau ayam rebus pup nya bagus,,

      Cuma gak tau kenapa skrg udh bbrp hari ini betina dan jantan mencret gantian tp nafsu makan msh kuat juga bermainnya,,sy beri ayam kukus dan tempe,alhamdulillah gak mencrt lagi,
      tapi kenapa tiba2 si jantan muntah2 dan lemas gak mau makan sama sekali,
      sedang yg betina msh doyan makan tapi br aja ikutan muntah banyak sekali

      Tolong ya dokter kira2 sy hrs gimana,obat apa yg hrs sy kasih,,
      oh iya si betina muntah krn abis sy ksh kuning telur

      Mereka awalnya sy kandangin kadang terpisah kadang sama sama
      tp krn rewel skrg sy buatkan khusus area mereka sktar 2×1 meter,tp memang sblm sy buatkan area ini mereka sy tinggal kerja dr siang smpe malam,
      Nah skrg sdh 2 hari sy gak bs ninggalin mereka

      • vet02ugm says:

        Onny Maya
        Buat muntah berikan obat antimaag saja setengah sendok teh. Berikan sejam sblm dimakan
        Buat diare ya berikan tempe rebus saja

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s