Sindroma dada rata pada anak anjing (Swimmer Puppy Syndrome)

Posted: December 19, 2013 by vet02ugm in Article, Our Paper, Uncategorized
Tags: , , , , , , ,

Sindroma ini dapat terjadi dikarenakan adanya kelainan pada tulang rusuk yang menyebabkan perubahan anatomi pada rongga dada. Dinamakan Swimmer Puppy Syndrome lebih dikarenakan posisi anjing yang selalu dalam posisi telungkup dengan semua kaki mengarah ke lateral (menjauhi tubuh) dan kepala yang tidak dapat diangkat.

posisi telungkup

posisi telungkup

Penyebab sindroma ini masih diperdebatkan, ada beberapa ahli yang berpendapat bahwa sindroma ini lebih disebabkan karena kelainan genetik dan beberapa mengatakan tidak ada kaitannya dengan genetik pada hewan yang mengalami sindroma ini. Selain dari penyebab genetik, banyak pendapat yang mengatakan sindroma disebabkan nutrisi yang kurang, metabolisme yang tidak normal dan/atau kondisi kandang yang kurang baik (terlalu licin). Tidak ada jenis ras anjing yang secara spesifik mengalami sindroma ini akan tetapi beberapa pendapat mengatakan anakan dari ras anjing berbadan besar seperti rottweiler, pitbull, bulldog, labrador retriever dan golden retriever dilaporkan pernah mengalami sindroma ini. Namun tidak mengurangi kemungkinan ras anjing lain dapat mengalami sindroma ini.

Sindroma ini dapat dideteksi dengan melihat gejala klinis secara anatomi (bentuk tubuh) anakan anjing dan beberapa metode klinis lain seperti pemeriksaan sistem saraf, pemeriksaan darah dan kimia darah serta histologi jaringan otak untuk membedakan dengan penyakit lain dengan gejala klinis yang serupa.

Prognosa dan sindroma ini tergantung dari kondisi anakan anjing tapi dalam beberapa kasus jika semua kaki terindikasi mengalami sindroma ini maka prognosa akan sangat kecil. Banyak kasus anak anjing akan mati karena pneumonia karena ketidaknormalan anjing pada saat menelan.

Tindakan yang dapat dilakukan dalam kasus sindroma ini dapat dilakukan physiotherapi berkala seperti berenang, stimulasi pada bagian kaki dan leher dan tak ada pencegahan yang dapat dilakukan.

berenang

berenang

Oleh

Drh. Denni Kurnia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s