Merawat Kucing Hamil

Posted: December 9, 2010 by vet02ugm in Article
Tags: , ,

Drh. Amanda Rasul

Smile Pets, Jl. Aria Putra No. 23A, Ciputat, Tangerang Selatan

Telp: 021 4438 0007

Saat mulai melihat kucing kita hamil, tentu kita mulai harap-harap cemas. Rasanya senang sekali akan memiliki kucing-kucing kecil yang sangat lucu, tatapi cemas karena ketidak tahuan kita bagaimana menjaganya. Belum lagi kekhawatiran saat kelahiran nantinya.

Perlu diketahui bahwa lamanya kucing hamil ialah sekitar 2 bulan atau sekitar 55-65 hari. Sangat penting untuk mengetahui kapan kucing kita tersebut kawin, untuk dapat mengetahui sudah berapa lama dia hamil.

Usia kucing juga sangat penting. Kucing yang sudah berumur 18 bulan akan memiliki resiko yang jauh lebih kecil dari pada yang lebih muda dari itu. Selain dari pada itu, pemilihan jantan yang sesuai juga harus menjadi perhatian, jangan sampai ukuran pejantan yang terlalu besar dipilih, sehingga bayi kucing nantinya pun berukuran besar, karena nantinya dapat menyebabkan kesulitan saat beranak.

Untuk mengetahui, apakah kucing kita tersebut hamil atau tidak, memang bukanlah hal yang mudah. Dokter hewan biasanya akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan ultrasonography pada usia kehamilan lebih dari 3 minggu. Walaupun dengan cara meraba bagian belakang perut kucing dapat memperkirakan adanya kehamilan, tetapi ultrasonography jelas jauh lebih baik dan akurat. Setelah usia kandungan kucing lebih dari 6 minggu, bisa pula dilakukan radiography atau x-ray untuk memperkirakan jumlah bayi kucing yang ada.

Saat kucing kita hamil, maka keperluan nutrisinya pun berbeda. Kucing hamil memerlukan protein yang lebih tinggi, seperti halnya anak kucing. Maka dari itu pemberian makanan kitten (makanan untuk anak kucing) sangat disaran kan untuk diberikan pada kucing yang hamil sampai dua bulan setelah melahirkan. Kandang yang nyaman dan aman juga harus diberikan. Jangan sampai kucing kita yang hamil terlalu banyak berlari, lompat dan sebagainya. Selama kehamilan, kucing juga tidak boleh diberikan sembarang obat ataupun bahan kimia lain yang dapat mengganggu kehamilan.

Jika kucing sudah memasuki tahap akhir kebuntingan, kita harus mempersiapkan tempat melahirkan yang sesuai. Dengan menggunakan kardus bekas yang dimodifikasi dan dialasi kain ataau ataupun Koran bekas akan sangat menolong. Tempat ini nantinya juga bisa digunakan untuk menjaga anak kucing nantinya.

Tanda-tanda kucing yang sudah mendekati kelahiran juga harus diperhatikan. Saat mendekati kelahiran, bagian ambing kucing akan membesar dan biasanya mulai mengeluarkan susu saaat dipalpasi. Kucing akan lebih senang menyendiri dan mencari tempat yang lebih gelap dan aman. Nafsu makan kucing juga bisanya menurun serta suhu tubuh akan turun. Untuk kucing yang sudah beberapaka kali melahirkan, perlu dicatat kebiasan kucing tersebut, seperti lamanya kehamilan dan proses kelahiran sebelumnya. Pada kucing yang sudah pernah melahirkan sebelumnya ini, jika lama kehamilan sudah melebihi dari lama kehamilan yang sebelumnya sebaiknya dibawa ke dokter hewan untuk dilakukan radiography, untuk melihat posisi bayi kucing. Dokter hewan akan memutuskan apakah kucing tersebut akan diberikan suntikan perangsang untuk beranak ataupun diteruskan dengan operasi sesar. Secara normal, jika anak kucing lebih dari 1 ekor, biasanya jarak dengan bayi kucing selanjutnya sekitar 30 menit sampai 1 jam, dan bervariasi sampai dengan 4 jam. Jika sudah terlalu lama, dan tidak keluar bayi kucing selanjutnya, maka kucing harus segera di bawa ke dokter hewan.

Bebrapa induk kucing tidak dapat melahirkan dengan baik, tanpa bantuan manusia. Untuk kucing yang seperti ini, pemilik harus tau cara-cara menolong saat kelahiran kucingnya. Kain, penghisap, gunting, benang dan tempat bayi kucing adalah beberapa benda yang harus disiapkan. Sesaat setelaah bayi kucing keluar, kita harus membuka pembungkus bayi kucing tersebut lalu memotong tali pusar serta pastikan tidak ada banyak darah yang keluar dan mambersihkannya dengaan hati-hati. Penghisap digunakan untuk menghisap cairan dari mulut dan hidung bayi kucing. Lalu menggosok tubuh bayi kucing kucing hingga bernafas dan menangis. Setelah memastikan anak kucing menangis, maka bayi kucing dapat didekatkan dengan induknya untuk mendapatkan susu.

About these ads
Comments
  1. wah…sip, info menarik.ditunggu artikel selanjutnya ttg penanganan kucing saat melahirkan dan pasca melahirkan.. : )

  2. farizal says:

    Thanks atas sharingnya, kebetulan sedang memelihara persia.

  3. rocken says:

    nice artikel bro, d tambah lagi ya

  4. sy punya kucing buntutnya putus, tp lincah bgt

  5. inov says:

    bagaimana dengan kucing yang baru pertama kali hamil?apakah saat melahirkan membutuhkan bantuan manusia?thanks

  6. amanda rasul says:

    tidak semua kucing yg akan melahirkan membutuhkan bantuan. itu tergantung dari karakter dan sifat kucingnya. bahkan tidak sedikit yg setiap melahirkan perlu bantuan,namun banyak pula yg tidak perlu bantuan sama sekali.

  7. chacha says:

    kucing saya hamil tapi perut.nya kecil ya ?
    itu knapa ?

    • amanda rasul says:

      sudah berapa lama kehamilannya?
      apa sudah pernah di USG?
      kalau memang ada kekhawatiran,segera dibawa ke dokter hewan utk diperiksa

  8. juniar says:

    makasih bgt!! bener2 baru tau

  9. juniar says:

    mau nanya deh, kenapa sih cairan yang ada di idung sama di mulut itu harus dibuang terus juga dihisap gimana? *gk ngerti* tolong dijawab ya ty :)

    • amanda rasul says:

      Hi juniar, cairan harus dibuang krn saat lahir kucing membutuhkan oksigen utk bernafas dg hidungnya. utk menghisapnya bisa menggunakan penghisap karet yg bisa dibeli diapotik. tetapi banyak pula indukan kucing yg akan langsung menjilat anak2nya utk mengeluarkan cairan tersebut.

  10. aditya rahmat says:

    kalo setelah melahirkan namun badan kucing masih gemuk itu kenapa ya ? saya takut masih ada anak didalem perutnya ?

    • amanda rasul says:

      Hi aditya, sudah berapa lama kucingnya melahirkan?
      bagaimana kondisi induknya sekarang?
      kalau masih ada anaknya didalam, biasanya kondisi kucing lemah dan nafsu makan jauh berkurang. Tapi utk memastiakanya lebih baik segera dibawa ke dokter hewan terdekat utk pemeriksaan. tks

      drh. amanda rasul

  11. diah says:

    kucing saya sudah 2 minggu hamil sejak 1 minggu masa perkawinannya…walaupun perutnya belum membesar tapi saya lihat putingnya memutih diujung seperti ada susunya dan nafsu makannya meningkat…tapi masalahnya kucing saya ini terlalu lincah dan g mau diam,tp klau dikandangin dia suka ngeong2 dan mengacak2 kandangnya….
    Jadi gmn mnurut dokter, pada usia kehamilan tersebut apa tidak masalah kalau dia masih lincah…atau sebaiknya dikandangin tp saya takutnya dy malah stress n keguguran…

  12. amanda rasul says:

    diah, sebaiknya memang kucing tersebut dikandangkan. bisa ditaruh dalam kandang yang besar, dan minimalisir adanya tempat utk naik dan lompat. bisa diberikan pet toys didalam kandang utk mengurangi kebosanan.

    • arien says:

      Kucing saia sdh 10 hri melahirkan tp knp iii♈ªª bdan induk’y msh lemes,nafsu mkn’y kurang dan jln’y sempoyongan…?
      Mhon info…†нªηкs

      • amanda rasul says:

        hi arien, saat kucing mengandung dan melahirkan sangat memerlukan tenaga yg cukup besar, maka dari itu pemberian makanan yang berkualitas sangat diperlukan. salah satu penyebab induk yg lemah bisa dikarenakan faktor nutrisi,walopun banyak juga kemungkinan lain.sebaiknya segera dibawa ke dokter hewan terdekat. tks

  13. hoema says:

    knapa dok kucing hamil ga boleh di mandiin.. thank

    • amanda rasul says:

      hi hoema,, jika kucing yg sedang hamil dimandikan,dikhawatirkan kucing tersebut stress atau terjadi perubahan suhu yg akan sangat menggagnggu kesahatan kitten didalamnya. tks

  14. Ramdan says:

    Saya mau nanya kucing saya kelihatan sehat cuna bulu nya rontok banget kalo di pegang ad solusi nya gx ya?

  15. Wah kucing saya lagi hamil nih

  16. Gita says:

    Waahh artikelnya sangat membantu sekali. saya mau nanya nih dok, kebetulan kucing saya sedang hamil sekitar 1 bulan lebih. waktu dikawinkan kucing saya dititipkan di rumah pemilik kucing jantan. Setelah 2 hari yg lalu dibawa pulang, saya lihat dibagian belakang telinga dan punggung dekat ekor ternyata kucing saya kena jamur. jadi bulunya rontok dan botak. bahaya gak ya untuk kehamilannya? trus obat yg baik untuk menghilangkan jamurnya apa ya? kata teman saya gak apa-apa ya kalo diberi minyak telon? tolong bantuannya dok.. trima kasih :)

  17. Fiona Ariq says:

    Wah , pak . Terimakasih atas Infonya . Saya nggak pusing lagi dengan kucing tetangga

  18. atiek says:

    saya punya kucing sdah 1bulan ni hamil. waktu belum hamil dia lincah sekali, pas hamil ini dia juga tetep lincah..semalam dia pendarahan sedikit ada solusi g diapain gt?ni sdah aku kandang biar dia ngurangi aktifitas. maaf di tempatku tdk ada dokter hewan…T____T

    • amanda rasul says:

      Hi,
      kalau boleh tau anda tinggal didaerah mana?mungkin kami bisa bantu lokasi dokter hewan di daerah tersebut. ya tindakan mengandangkan kucing yg hamil memang cara yg tepat walau sedikit terlambat. kalau ada pendarahan memang harus segera diperiksa oleh dokter krn perlu diamati seberapa banyak darahnya dan untuk mengetahui kondisi janin harus di USG. jangan lupa berikan makan kitten yg berkualitas untuk kucing yg hamil.tks

  19. siti maryani elvino soekarso says:

    saya mau tanya nich … bimbi kucing saya lagi hamil 2 minggu.. yrus kena jamuran dileher dan ditelinga,,,,,,, trus sama dokter hewan disuntik jamur …… katamya sih gak apa2 disuntik ……. saya jd was2 ……. apakah nanti berpengaruh pada kehamilannya …. mohon info nya ……. makasih.

  20. sari says:

    dok mau copas ya,,, kucingku juga lagi hamil,, ini hamil pertama, umurnya udah 3 tahun lebih,,, kira2 ngaru gak diproses kelahirannya nanti,, si Mia takut ma orang asing mkanya bingung klo mau di bawa ke dokter suka kabur klo liat orang asing, mohon sarannya thank

    • amanda rasul says:

      sari, apa dicatat kapan kucingnya dikawinkan? kalau memang dicatat, maka saat usia kehamilan 3- 4 minggu bisa dibawa ke dokter hewan utk di periksa dan bila perlu dilakukan USG utk memperkirakan jumlah kitten dan tanggal kelahiranya. dan selama dia hamil sebaiknya diberikan makanan kitten yg berkualitas.

  21. intan says:

    Kalo selama hamil dia di kmdangin itu gak masalah kan? makasih.

    • amanda rasul says:

      hi intan, iya tidak masalah selama kucing tidak terlihat stress dan diberikan makanan yg sesuai. atau sesekali juga sebaiknya bisa dikeluarkan dengan pengawasan.tks

      drh amanda rasul

  22. febie says:

    mau nanya nih kucing aku baru ngelahirkan tapi kayaknya masih ada yang ketinggalan didalam perut apa bisa selamat??

  23. eva says:

    saya mau tanya,saya pnya 2 kucing jantan dan betina,hari ini mereka kawin berulang2 kali,tadinya saya pisah tapi yg betina sangat mengganggu krna terlalu berisik dan tak mau diam,akhirnya hari ini saya ijinkan mreeka kawin. seumpama nanti kucing saya hamil,dan setelah melahirkan apakah langsung bisa d steril?? soalnya setelah melahirkan saya tidak mau menambah anggota baru lagi. oiya brapa lama kucing kawin?mohon infonya,terima kasih sebelumnya.

    • amanda Rasul says:

      hi , setelah melahirkan bisa saja kucing langsung disteril, atau bisa pula melahirkan secara sesar dan langsung disteril.
      namun jika tidak disesar, sebaiknya juga tidak terlalu dekat jarak antara setelah melahirkan dan steril. perlu diperhatikan pula kondisi induk dan kitten2nya nanti. atau baik juga jika kucing jantan mbak eva yg segera di kastrasi.

      drh amanda rasul

  24. intan says:

    Dok..sy mw tny..sy pny kucing kampung.dia bari saja slsai melahirkan.wkt hamil perutny besar bgd.tyt anakny cm 3 tp kok perutny msh besar y?sya takut kl ad yg msh ddlm..kucing sy sehat tdk lemes cm nafsu mkan agk brkurang..gmn dok?trmksh..

  25. joni says:

    saya mau tanya nih….kn kucing saya hamil nih tapi kalau malem saya lepas dan dia suka lompat2 n lari2…..apa itu gpp?thanks

  26. Dian says:

    Dok, kucing persia saya lagi hamil besar tapi kucingnya biasa di lepas tidak dikandangi dan biasa keluar rumah, klo dikandangi meooong2 terus mau keluar, ada pengaruhnya ndak klo nanti pas waktunya dekat melahirkan dikurung dikandang aja..biar ga melahirkan diluar, makasih

    • vet02ugm says:

      Dear Dian,

      Secara alami, umumnya hewan akan mencari tempat yang dimana menurut mereka tepat untuk mereka dapat melahirkan skaligus melindungi anak2 mereka dari segala macam hal yg dapat membahayakan induk dan anak2nya. Jika anda berencana menyimpan kucing anda di dalam kandang pada saat kucing anda melahirkan sebaiknya dicarikan kandang yang cukup besar karena ditakutkan jika jumlah anak yg dilahirkan banyak. Dan kandang yg cukup besar dimaksudkan agar kucing dapat bergeran leluasa, berikan handuk sebagai alas jika alas kandangnya berongga. Usahakan tempatkan kandang di tempat yg hangat kalau diperlukan dapat diberikan cahaya penerangan dari lampu bohlam dan sekaligus sbagai penghangat. Perhatikan jarak peletakan lampu agar jangan terlalu dekat.
      Sebaiknya jika dimungkinkan diperiksan kesehatannya ke dokter hewan terdekat agar memastikan kondisi hewan anda dan jika dimungkinkan dapat diketahui berapa jumlah anak yg dikandung.
      Semoga sukses.

      Terima kasih.

      @vet02ugm

  27. 21nurul says:

    Dok, kucing saya 2betina dan 1jantan.. Yg betina dua2nya hamil besar tp saya tdk tau kpn kawinnya.. Trus dulu pernah melahirkan jg saya ga tau malah saya kandang sm jantan sampe melahirkan dn anehnya yg jantan mlh bersihin anaknya itu tp setelah tau melahirkan saya ambil cm sayang saya ga tau cara menanganinya shg tali pusatnya nyambung jadi satu shg mati semua dok.. Gmn ya cara motongnya saya takut nih nunggu kelahiran berikutnya… Saya jg ga tau kpn akan melahirkan shg kandangnya 2betina saya jadikan satu dl smntara soalnya kandangya besar… Bahaya ya dok kl dua2nya sekandang dn sama sama hamil bsr… Info usg buat kucing dok di gresik atw sby dmn? Trims…

    • vet02ugm says:

      Dear 21nurul,

      Usia kehamilan kucing berkisar 55-65 hari. Sebaiknya dilakukan ultrasonography untuk memastikan umur kehamilan kucing anda. Dan kalau dapat mungkin diketahui jumlah anak kucing dalam kandungan. Jadi anda dapat bersiap untuk menghadapi kelahiran kucing anda.
      Untuk indukan sebaiknya dipisahkan satu sama lain agar dapay diobservasi dengan baik.
      Untuk alamat dokter hewan anda dapat browsing di internet ataupun anda dapat melihat website berikut http://www.vet-indo.com/Alamat-Dokter-Hewan/

      Terima kasih.

      @vet02ugm

      • kiki says:

        maaf saya mau tanya, kan usia kehamilan kucing itu sktr 2 blnan, nah tetapi saya tdk thu kapan kucing itu kawinnya., karena waktu itu kucingnya hilang, terus sekarang perut nya besar, dan suka mengeong-ngeong.., nah itu bagaimana cara mengatasinya?? saya bingung .. thanks

      • vet02ugm says:

        Hi kiki,

        Usia kehamilan pada kucing berkisar pada 55-65 hari. Jika tidak diketahui berapa usia kehamilan kucing anda, maka dapat dilakukan ultrasonography (USG) untuk mengetahui usia kehamilan kucing anda. Namun pembesaran perut tidak hanya dikarenakan kehamilan bisa jadi karena obesitas (banyaknya lemak dalam perut), infeksi di perut (peritonitis), akumulasi cairan dalam perut (ascites) ataupun gangguan saluran perkencingan atau pencernaan (konstipasi/sembelit). Sebaiknya diperiksakan ke klinik hewan terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

        Terima Kasih

        @vet02ugm

  28. Alia says:

    Dok, kucing saya sedang hamil kira2 sudah 70 hari. 2 hari yang lalu keluar cairan sedikit seperti air ketuban, tapi sampai hari ini belum ada tanda2 mau melahirkan. gimana ya dok?

    • vet02ugm says:

      Dear Alia,

      Wah, 70 hari sudah overdue/lebih dari waktu perkiraan, Biasanya kalau lebih dari 60-65 hari sepatutnya sudah ada tanda pengejanan untuk mengeluarkan fetus/anak. tapi itu tergantung banyak hal. Biasanya ada juga salah mengira waktu mengawinkan jadi hanya kira-kira saja. tapi kalau sudah ada air/leleran yang keluar dari vulva kemungkinan besar ketuban. Kalau tidak ada tanda pengejanan ditakutkan tidak adanya kontraksi uterus. Sebaiknya diperiksakan ke klinik hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

      Terima Kasih

      @vet02ugm

  29. mita says:

    kucing saya baru seminggu yang lalu melahirkan anak-anak yang lucu :3 mungkin karna induknya yang lucu,
    tapi dok, dia kapan boleh kawin lagi ya? soalnya ada yang mau nikah sama dia lagi -_-

    • vet02ugm says:

      Hi mita,

      Baru seminggu kan, itu masih lama lagi…urus dulu aja anak2 kucingnya sampe umur 1 bulan terus disapih biasanya sehabis 3 bulan atau lebih sehabis masa sapih udah bisa dikawinkan lagi…tapi bagusnya jangan terlalu cepat karena takutnya organ reproduksinya belum siap. Kalau proses kelahirannya normal mungkin 6 bulan setelah kelahiran sebelumnya kucing anda boleh dikawinkan lagi.

      Terima Kasih

      @vet02ugm

  30. meylin says:

    Permisi Dok ,kan kucing betina saya sdh 12 bulan dan kucing jantan saya baru 9 bulan , yang mau saya tanyakan , apa mereka sdh bisa bereproduksi ? Soalnya akhir2 ini betinanya mengeluarkan tanda2 kehamilan ,makin sering cari perhatian , suka muntah , nafsu makan meningkat dan payudaranya juga membengkak , apa benar kucing saya hamil ?
    Trims

    • vet02ugm says:

      Hi Meylin,

      Awal periode kematangan reproduksi pada kucing umumnya dimulai pada umur 6 bulan. Pada umur 6 bulan kucing betina dan jantan sudah mengalami kematangan organ reproduksi dan dapat dikawinkan. Banyak para ahli tidak menyarankan mengawinkan disaat umur kuran dari 1 tahun karena alasan adanya kemungkinan kesulitan pada proses kelahiran. Jika tanda2 awal kehamilan sudah terdeteksi sebaiknya kucing betina anda diberi makan pakan untuk kitten, untuk memastikan kehamilan kucing anda, anda dapat periksakan ke dokter hewan dan jika dimungkinkan dapat dilakukan ultrasonografi (usg) untuk memastikan umur kehamilannya.

      Terima Kasih.

      @vet02ugm

  31. Rezky says:

    kucing saya baru melahirkan,tapi anak2nya dicuekin,ga diapa-apain sama sekali setelah lahir,ga dibersihin,ga disusuin,tali pusarnya aja blm dipotong . . saya bingung ngurus bayi kucing yg baru lahir kaya gitu . . mohon solusinya :)

    • vet02ugm says:

      Dear Rezky,

      Kalau kejadian seperti ini, nampaknya anda harus ikut berpartisipasi dalam proses kelahiran kucing anda. Anda harus mencoba mengeringkan anak-anak kucing tersebut menggunakan kain/handuk terutama dibagian muka serta memotong tali pusarnya, lalu diberi susu khusus untuk kucing dalam botol. Lokasi penempatan anak-anak kucing pun tidak boleh ditempat yang bersuhu dingin dan jika memungkinkan diberikan lampu penerangan agar hangat serta dialaskan banyak handuk/kain. Namun jika anda belum terbiasa atau berpengalaman anda sebaiknya mencari seseorang yang berpengalaman ataupun menghubungi klinik hewan terdekat untuk bantuan.

      Terima Kasih

      @vet02ugm

      • Rezky says:

        kayanya induk kucing saya ga menghasilkan susu,soalnya payudaranya nggak keliatan kaya kucing lain yang baru melahirkan,payudaranya rata aja dok,kasian anak2nya kelaparan . . .gimana solusinya dok???

      • vet02ugm says:

        Dear Rezky,

        Berikan anak kucingnya, susu khusus untuk kucing.

        Terima Kasih

        @vet02ugm

  32. Meilani Yohana says:

    Dok kucing saya sdh 3 minggu menyusui 4 anaknya , satu susunya mengeras & ada benjolan sebesar telur, Kenpapa ya? Bahaya Kah?

    • vet02ugm says:

      Dear Meilani,

      Benjolan yang berada si sekitar kelenjar susu ditakutkan adalah tumor yang menyerang kelenjar susu. Namun hal lain seperti abses atau kebengkakan lain karena infeksi dapat dimungkinkan. Untuk lebih jelas anda dapat memeriksakan kucing anda kepada dokter hewan terdekat anda.

      Terima Kasih.

      @vet02ugm

  33. ferial says:

    Wah, terimakasih informasinya, kebetulan ​ÅƘΰ punya empus persia ƔªйǤ hamil..!‎♣:)ƭћǟπƙ-Ǚ♣ƭћǟπƙ-Ǚ:)♣

    • vet02ugm says:

      Dear ferial,

      Sama-sama. Kami senang dapat memberikan pengetahuan/ilmu kepada orang lain seperti anda. Semoga kucing anda dapat melahirkan anak-anak kucing yang lucu-lucu dengan selamat.

      Terima Kasih.

      @vet02ugm

  34. bele says:

    permisi, saya mau numpang tanya, kalau biaya check up kehamilan kucing ke dokter hewan ( melakukan USG ) itu biayanya rata rata DRH berapa ya ?

    • vet02ugm says:

      hi bele,

      mohon maaf kami tidak dapat memberikan informasi yg anda inginkan, karena rasanya tidak etis menginformasikan hal tsb dipublik karena setiap klinik hewan punya kebijkan sendiri. mungkin anda dapat menelpon klinik hewan yg bersangkutan untuk menanyakan hal tsb.

      salam.
      admin

  35. dyah wijayanti says:

    Kucing saya melahirkan, tapi anaknya 3 meninggal smua, dan pasca lahiran dia cenderung diam dan susah makan, dan ​Ўªnƍ saya takutkan pasca lahiran sering terjadi pendarahan, kenapa ÿ̲ȃ mohon infony, saya jdi khawatir…. Makasih sblmny

    • vet02ugm says:

      hi dyah,

      perdarahan sehabis klahiran pada kucing dapat disebabkan beberapa hal seperti infeksi, dll. namun kalau sudah menyebabkan kucing kamu tidak mau makan sebaiknya segera diperiksakan ke dokter hewan terdekat untuk penanganan lebih lanjut.
      terima kasih

      salam.
      admin

  36. fiera says:

    nanti bikin ya tips2 memberi nutrisi pada anak kucing dok! thanks :-)

    • vet02ugm says:

      hai fiera,

      terima kasih untuk masukannya. semoga secepatnya kami dapat memberikan info terbaru.
      terima kasih banyak.

      salam
      admin

  37. Marsela says:

    usia kehamilan nya d hitung sejak kucing kawin? klo sudah lebih dr 65hr , hrs bgt d bwa k dokter? krn ada situs yg bilang klo usia kehamilan kucing smpe 70hr . mksh ..

  38. Marsela says:

    sy cemas bgt , krn 2x kehamilan sblm nya hnya 2bln . hari ini hari k-65 stlh dia kawin , tp blm lahir2 jg . mohon info nya mksh byk +__+

  39. nilda says:

    saya gak tau kucing saya hamil ato gak..cuman udh beberapa minggu yang lalu di cek kata dokternya gk hamil..nah sekrng kayk ada perubahan sama kucing saya, perutnya agak gendut, napsu makannya meningkat..nah apa perutnya gendut krena bnyk makan ya..saya mau ke dokter lagi agak malu karena kemrn kan udah dibilang gak hamil…kira2 mnurut dokter gmn? mohon comentnya

    • vet02ugm says:

      tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan ulang terhadap kehamilan kucing anda, karena pemeriksaan kehamilan yang terlalu awal pun dapat mengaburkan diagnosa. silahkan anda mengunjungi dokter hewan anda kembali untuk pemeriksaan USG atau sekedar check-up terhadap ‘perut-gendut’ kucing anda.

      -admin

  40. Melati sekar sari says:

    Dokter kucing saya baru d kawinin tp tdk menunjukan tanda2 kehamilan badan nya malah tambah kurus…… apa kucing saya stres dok ???

    • vet02ugm says:

      hai melati,

      masa kehamilan pada kucing berkisar dari 55-65 hari tapi pada 4 minggu selepas dikawinkan, kamu boleh melakukan usg untuk kucing kamu untuk memastikan kehamilannya.
      terima kasih

      salam
      admin

  41. Melati sekar sari says:

    dok,kalau kucing sedang hamil d kasih obat cacing bahaya atw gak ya dok ???
    thx sbelumnya :)

  42. agustine says:

    Siiiippppp

    • agustine says:

      Terimakasih bnyak atas info ttg kehamilan kucing,,, saya pernah trauma þùπýã kucing yang nasih usia muda tp Ʊϑªђ hamil,, akhirnya saat detik2 melahirkan dia meninggal,,, huuuaaa huuuaaa

  43. faizal says:

    saya memiliki kucing yg hamil. tetapi sudah 5 bln tidak melahirkan dan saya pikir baby nya sudah mati di kandungan ibunya. bagaimana cara penanganannya..

    • vet02ugm says:

      sebaiknya sesegera mungkin dibawa ke dokter hewan, dan jika perlu dilakukan USG untuk memastikan apakah memang benaar2 masih ada kitten didalam. jika memang memang benar mash ada kitten harus sesegera mungkin dikeluarkan melalu operasi nantinya.

      admin

  44. nilda says:

    kucing saya sudah melahirkan namun karena kondisinya tidak sehat diharuskan operasi caesar..apakah kucing saya boleh hmil lagi setelah operasi caesar? mohon balasnnya terimakasih

  45. ALbie alexander says:

    thx infonya

  46. dok,. kucing saya hamil.. tapi saya tdk tahu sudah berapa hari.. tau2 aja perutnya udah gedhe.. saya jd deg2an.. apa aja yg harus disiapkan buat lahirannya nanti?? tanda2 kucing mau melahirkan itu apa?? terimakasih.

  47. binka says:

    dok, mau tanyapemeriksaan radiography berapa ya umumnya?

    • vet02ugm says:

      hai binka..
      tentu saja tarif radiografi berbeda-beda, bergantung pada pemeriksaan yang dilakukan dan klinik yang melaksanakannya.
      rontgen berkisar antara 75-150 ribu, sedangkan USG berkisar antara 120-300 ribu.

      -admin

  48. ak pny kucing tapi ya itu ak nggak tau kpn lhrnya

  49. ocha says:

    dok, sbnrnya ciri2 kucing hamil tu gmn ya? soalnya sy tdk pernah mengawasi kucing sy sudah kawin atau blm krn sy sibuk krj. dua minggu yg lalu kucing sy menunjukkan tanda birahi tp skrg udh enggk. nafsu mkn jg bertambah. sy bimbang krn ini sudah jdwlny dia dkasih obt cacing, ktny kl hamil tdk blh dksh obat cacing.
    terimakasih dok,,

    • vet02ugm says:

      hi ocha,

      ciri-ciri kucing hamil biasanya perutnya akan semakin membesar dan jika disentuh terasa bukan air dan ada beberapa kucing pada masa kehamilan akan menjadi sensitif (galak) saat mau dipegang. untuk pemeriksaan lanjutan dapat dilakukan pemeriksaan USG atau xray untuk memastikan.
      terima kasih

      salam
      admin

  50. novita ds sumarno says:

    Tanya dong…cingku dikawinin tgl 10… skrng tgl 24. Tidur terus,kadang suka muntah dikt dikit…dan skrng dah 2 hari ni jilat bagian v nta terus coz seperti ada caiean kenral/lendir agak kuning…itu knoa? Hamilkah?

    • vet02ugm says:

      Dear novita,

      Hamil atau tidaknya secara fisik anda dapat melihat bagian perutnya yg membesar tanpa harus memegangnya, namun itu tidak serta-merta mengkonfirmasi bahwa kucing anda hamil. karena tergantung dari jumlah anak dan besarnya anak dalam kandungan. lebih baik jika dapat dilakukan pemeriksaam oleh dokter hewan untuk mengetahui lebih jelasnya.

      terima kasih

      salam
      admin

  51. fika says:

    Aq pnya kucing,kucingnya imut bgt,nd nakal bgt,suka gigit”in aq ky org geregetan gtu,
    Tp smkin dy nakal smkin aq sngt pnasaran nd snang meledeki nya

    • vet02ugm says:

      hi fika,

      kucing kamu sangat aktif, mungkin kamu perlu memberikan beberapa aksesoris untuk kucing kamu agar kucing kamu tidak selalu menggigit kamu untuk diajak bermain.

      terima kasih
      admin

  52. rhinii says:

    Kalau ibu kucing (maaf) payudaranya membengkak karena ditinggal mati anak kucingnya jadi tidak dapat menyusui lagi. Harus gimana?

    • vet02ugm says:

      hi rhinii,

      kalau memungkinkan untuk dilakukan pemerahan setiap hari untuk mengeluarkan air susu tersebut supaya tidak semakin mengeras dan membengkak. karena jika dibiarkan bisa menyebabkan terjadinya infeksi disebabkan oleh agen penyakit.

      terima kasih
      admin

  53. dhanus says:

    doc kucing saya blasteran anggora hamil tapi usianya sepertinya masih 6 bulan kira kira.(badannya msh kecil tapi hamil).apa umur segitu dia bisa beranak mudah seperti kucing2 pada umumnya dan kr2 apa insting induknya langsung ada untuk bisa mengurus anaknya?
    makash doc mohon petunjuk(perkiraan beranaknya akhir bulan ini)

  54. anti says:

    Mau tnya dunk kucing saya lagi hamil tpi jamuran,nnti anaknya tertular gak?

  55. christina says:

    pagi,dok..
    saya mw tnya kucing saya sedang birahi tp umur kucing saya ru 10bln dan berat’y hanya 2,5kg.. apakah blh langsung d kawinkan atw gag,dok????

  56. may says:

    Kalau anak kucing yang umurnya masih 5 bulan, bisa kemungkinan hamil gak? Soalnya anak kucing saya diperkosa berkali2 sama kucing-kucing jantan. Kasian kalau hamil sebelum waktunya. :(

    • vet02ugm says:

      jarang sekali kucing berumur 5 bulan mengalami kehamilan, apabila tidak dapat dikatakan mustahil.
      fungsi reproduksi pada kucing berumur 5 bulan belum berjalan, demikian pula hormon2 reproduksinya. karenanya sangat mengherankan apabila kucing jantan dewasa ‘mengawini’ kucing betina 5 bulan. sebaiknya anda memisahkan anak kucing betina tersebut, misalkan dengan melepas kucing jantan tersebut supaya dia bisa mencari pelampiasan pada kucing betina yang lebih dewasa :))

  57. elfah says:

    slamat pagi dok,,
    kucingku sedang hamil dari yg ku liat ketika perutnya aga mulai membesar, spertinya hamil karna semakin hari perutnya semakin membesar…nafsu makannya juga lahap tapi hari ini seperti tidak nafsu makan,.itu kenapa yk?? takutnya sampai berhari-hari..kasian anak yg didalam perutnya,..kurang asupan makanan.

    oiy,ini kehamilan pertamanya, awalnya saya ga percaya kalo kucing saya hamil karna umurnya diperkirakan masih dibawah 1 tahun,.denger2 katanya klo kucing yg belum 1 tahun sudah kamin kemungkinan anaknya akan cacat apa betul itu dok??

    • vet02ugm says:

      http://vet02ugm.wordpress.com/2010/12/09/manajemen-kehamilan-kucing/

      coba dibaca2,,
      oiya tentang kemungkinan cacat, semua usia kehamilan memiliki resiko kecacatan, tetapi belum ada bukti bahwa kehamilan kucing pada usia muda mengakibatkan cacat pada anaknya. hanya saja, kucing muda masih memerlukan nutrisi untuk dia tumbuh dan berkembang, dan apabila dibarengi dengan kehamilan maka kebutuhan nutrisinya pun meningkat, karenanya penambahan kualitas dan kuantitas pakan sangat diperlukan.

  58. deska says:

    dok, kucing saya sdh melahirkan sekitar 2 minggu, sekarang anak2nya sedang menyusui. tp akhir2 ini ibu kucingnya selalu kesakitan setiap menyusui anaknya, dan setelah dilihat putingnya ad sdkit luka. kira2 bagaimana mengobatinya ya dok?kasian ngeliat ibunya kesakitan gitu..

    • vet02ugm says:

      Hi Deska,
      Berikan susu pengganti ke anak kucing. Lalu bagian puting yang luka berikan betadine dan ditutup dengan kasa dan plester

  59. nurastuti says:

    Dok, saya mau tanya kucing saya kemarin melahirkan untuk yang ke4 kalinya, sebelumnya sudah saya suntik kan kb tapi tyt terlambat akhir nya dia bunting, dan kemarin sewaktu saatnya melahirkan kesulitan, sy sudah panggil dokter tp krn habis lebaran dan upacara agustusan dokternya g bs dtg, akhirnya kelahiran mundur sampai akhirnya waktu bayi pertama keluar bayinya sudah mati di kandungan dan induknya pendarahan banyak sampai saat itu dokter nya jg masih belum bs dtg, sy bingung harus bgmn, sampai akhirnya saya suapin dgn madu utk pengganti energinya, tp saat sy ketiduran siang itu induknya pergi entah kemana dan sudah saya cari tdk ketemu, baiknya sy harus cari kemana y dok?

  60. al arif says:

    misi dok saya mau tanya. Kalo masa kehamilan kucing itu baru 1 minggu, ciri ciri nya apa yah dok ?

  61. N.K Dewi says:

    Kebetulan kucing saya lg hamil muda dan hamil yg pertama. Seperti manusia jg yg sedang hamil, vitamin apa yg cocok buat kucing ya dok? Terimakasih

  62. Hanif says:

    Kucing saya baru hamil 2 bulan tetapi sering menyendiri dan tidak mau diam ???????????

    • vet02ugm says:

      hi hanif,
      masa kehamilan pada kucing adalah kira-kira 2 bulan. jika sudah mencapai umur kehamilan 2 bulan, maka mungkin kucing kamu akan segera melahirkan.
      terima kasih

  63. Rieta Radin says:

    Mau tanya dok, drmh ada kucing kampung yg lg hamil, udah 4 hari lebih ngejan trs sampai induknya lemas, tp ko anak nya gk mau lahir jg ya? apa penyebabnya dan bagaimana cara menanganinya dok? terima kasih sebelum nya.

    • vet02ugm says:

      Hi Rieta,
      Bila induk mengejan tapi tidak keluar anaknya bisa karena anaknya terlalu besar sehingga nyangkut. Atau bisa karena sungsang.
      Kalo sudah keluar bagian tubuh dari anakan kucing, cepat2 ditarik ya supaya indukannya tidak tersiksa.
      Kalau tidak tega, ya dibawa kedokter hewan saja

  64. andhani says:

    Saya mau tanya dok, saya punya kucing betina ( kucing kampung ) tapi dikawinin sm kucing persia, dan kucing sayang betina ini umurnya belum cukup 1th, itu nanti membahayakan tidak wktu melahirkannya ??

    • vet02ugm says:

      Hi Andhani,
      Kalau indukannya cukup dewasa secara psikologis tidak apa2. Tapi kadang ada yang tidak “mature enough” sehingga anakannya akan ditelantarkan oleh indukannya

  65. selamatmalam dok, kucing saya tidak mau menyusui anaknya, itu mengakibatkan derah disekitar susunya mengeras. berbahaya kah? dan bagaimana cara mengatasinya?. terima kasih.

    • vet02ugm says:

      Hi kristina,
      Susu tidak dikeluarkan akan menyebabkan payudara mengeras.
      Agar tidak bengkak, susunya sebaiknya diperas/dikeluarkan kemudian dikompres dengan air hangat
      Bila mau praktis dan tidak telaten, pergi ke dokter hewan ya

  66. Rina says:

    Malam dok. Sy mau tanya, kucing saya baru kawin sekitar 10 hari yg lalu. Sy pengen bgt dy hamil dn pny anak2 yg lucu2. Ini pengalaman pertama sy mengawinkan dy. Sy ragu dok apa dy hamil atau tidak? Kira2 kapan waktu yg tepat sy periksa kehamilanny? Dn apakah bahaya sy bawa kucing yg sedang hamil kedalam tas khusus, soalny jarak dr tempatku dan dokter hewanny jauh. Harus nyebrangi laut dan darat yg perjalanan kira2 hampir 2 jam. Mohon saranny dok, terima kasih :)

    • vet02ugm says:

      Hi Rina,
      Waktu yang tepat untuk dicek adalah SEKARANG. Karena kami baru balas sebulan setelah kamu menanyakan haha. Dan memang bisa menentukan waktu kebuntingan yang tepat adalah ketika masa kebuntingan berumur 3-4 minggu ya
      Bila takut dibawa menyebrang laut, sebaiknya dijaga di rumah saja supaya tidak stress. Berikan nutrisi yang cukup, buy a good quality of kitten food, jangan lupa minta vitamin dari dokter yaa

  67. Via says:

    Maap dok. Kucing saya baru lahir 2hari yang lalu, terus kucing saya perutnya masih ada benjolan. Tapi dia mau makan+minum terus buanh air kecil. Sekarang sepertinya terkena flu kucing. Apakah nantin ke anaknya ga akan kenapa kenapa? Saya takut anaknya mati. Terimakasi

    • vet02ugm says:

      Hi Via,
      Bisa diberikan vitamin C yang banyak ya untuk flu indukannya. Tentu bila dibiarkan saja akan berpengaruh ke janin. Jadi terus perhatikan kesehatannya ya

  68. Anda Beheel says:

    Kucing sya pernah keguguran, tp setelah itu saya kawinkan lagi dan skr hamil 2 bln 4 hari.Sdh ada tanda2 mau melahirkan, gelisah, dan terengah – engah seperti anjing. tapi koq yg keluar cm cairan seperti keguguran kmrn. Pdhl puting susunya membekak dan mengeluarkan air susu. Apa kucing sya keguguran lagi ya?

    • vet02ugm says:

      Hi Anda,
      Belum tentu keguguran kalau sudah berumur 2 bulan lebih. Mungkin baru akan melahirkan jadi baru mengeluarkan lendirnya dahulu. Ditunggu saja ya, karena 2 bulan kebuntingan berarti kalau sudah keluar maka ukuran kitten akan lebih besar daripada keguguran yang masih dibawah umur kebuntingan satu bulan. Dan biasanya janinnya sudah kuat bila susah berumur 2 bulan kebuntingan

  69. reinhardt says:

    Malam,Dok,saya ingin tanya,kucing saya sudah dua kali mengalami proses melahirkan,hanya saja pada proses melahirkan yg pertama waktu itu saya titipkan ke tempat penitipan. Waktu itu (tanpa saya ketahui secara langsung) pemilik tempat penitipan mengatakan kalau kucing saya hanya melahirkan 1 ekor dg kondisi sangat sehat,padahal saya yakin ukuran perutnya ketika hamil berukuran besar (cukup utk 4-5 ekor). Ketika saya tanya apakah yg lain mati,sang pemilik menjawab tidak dan hanya itu satu-satunya yg ada.
    Selang beberapa bulan,saya mengawinkan kucing saya lagi untuk kedua kali & perkiraan saya memang benar,bahwa kucing saya pada kehamilan kedua melahirkan 5 ekor dg kondisi juga sangat sehat. Apakah perbedaan jumlah kelahiran tsb memang memungkinkan,Dok?
    Terima kasih. Saya sangat mengharapkan jawabannya.

    • vet02ugm says:

      Reinhardt,
      Wow congratss for your newborn kitten!!
      Memang bisa terdapat perbedaan yang cukup mencolok antar kelahiran pertama dan kedua. Meskipun begitu mungkin kelahiran pertama kittennya berukuran besar dibanding kelahiran kedua?

  70. sariyulianti1607@yqhoo.co.id says:

    saya mau tanya kucing setelah kawin yg betina muntah itu tandanya hamil atau bukan?

    • Drh. Zita O says:

      Hi Sari,
      Your question a bit funny though. It just like ask to newlywed couple whenever they vomit you assumed they’re pregnant?
      Yang jelas untuk memastikan bunting bisa lewat USG setelah 3 minggu masa kebuntingan

  71. linda says:

    Kucing ku jdi bnyak diem. Tidur terus tp blom ada tanda2 mau melahirkan. Sy kasian takut ada apa2…

  72. maria says:

    Saya punya dua kucing, jantan umur 4bulan dan betina 2th yg birahi. Beberapa waktu lalu betina selalu mengeong birahi. Setelah saya satukan betina n jantan, esoknya betina tidak mengeong2 dan selalu marah jika didekati jantan. Mungkinkah ini tanda betina sdang hamil?
    Baru2 ini ada bercak merah di kandang betina, mungkinkah itu pendarahan kehamilan?

    • vet02ugm says:

      Hi Maria
      Kapan terakhir disatukan dengan yang jantan?
      Klo pejantan masih 4 bulan sepertinya masih terlalu kecil ya untuk dikawinkan. Are you sure he’s only 4 m.o??
      Bercak merah harus dilihat keluar dari lubang yang mana ya. Asumsinya terlalu luas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s